RUMUS EXCEL MENGGABUNGKAN TEKS DENGAN TANGGAL

Rumus ini biasa aku pakai di dalam pembuatan laporan bulanan pada template yang sama di program Excel... dimana sebelumnya aku selalu mengganti tanggal yang ada secara manual... tetapi lama-kelamaan bosen juga tiap bikin laporan, tanggal harus diganti mulu...
Yach sambil iseng-iseng... bikin aja pake rumus excel,...
Pada intinya... kinerja dari rumus ini adalah membuat tanggal selalu update sesuai bulan berjalan... langsung sajah...
Di dalam laporan aku ingin membuat bentuk tanggal seperti ini :
PERIOD : April 2, 2009
dan rumus yang aku pakai adalah :
=Concatenate("PERIOD : ",text(today(),"mmmm d, yyyy"))
Selesai... cukup sederhana kan... akhirnya aku tidak perlu merubah tanggal laporan... dikarenakan sudah terupdate secara otomatis
Penjelasannya :
1.    =Concatenate("PERIOD : ",....--> merupakan rumus untuk penggabungan beberapa teks, dimana dalam rumus ini teks yang akan digabung ada 2, yang pertama adalah teks ("PERIOD : ", dan teks kedua adalah tanggal yang dibikin teks
2.    text(today(),"mmmm d, yyyy")....--> rumus ini adalah membuat tanggal menjadi teks dengan format "bulan tanggal, tahun"
3.    today()...--> adalah rumus yang selalu mengupdate tanggal sesuai tanggal berjalan
Gimanaaaa... simple kan... sebenarnya banyak sekali metode untuk mendapatkan hasil penggabungan teks dengan angka... rumus diatas hanyalah salah satu dari yang kesekiannya...
jadi... semuanya tergantung pemikiran kita masing-masing, yang penting hasilnya sesuai dengan keinginan kita masing-masing juga... betul ndak....
satu... dua... tiga.... Endakkkkkkkk......
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==