Sabtu, 01 Oktober 2011

RUMUS YANG ANDA BACA Di: Home » RUMUS MATEMATIKA » Rumus Berhitung Cepat Persen dan Perbandingan SMP

Rumus Berhitung Cepat Persen dan Perbandingan SMP

Bagikan Soal Melalui :
Anak-anak siswa SMP kelas 7 (kelas 1) langsung belajar aritmetika di awal semester. Tetapi pelajaran aritmetika SMP sedikit lebih kompleks dari SD. Karena itu pemahaman konsep dasar menjadi sangat penting untuk anak-anak kita.

Untungnya Paman APIQ telah merumuskan kantong ajaib aljabar yang memudahkan anak kita belajar perbandingan atau persen dengan cepat dan mudah. Dengan kantong ajaib, anak kita dapat berpikir secara intuitif. Secara matematis, kantong ajaib memanfaatkan persamaan parametris.

Contoh soal:

Meti mempunyai uang 40 ribu. Uang Al ditambah uang Geo adalah 90% dari Uang Meti. Jika uang Al 5/7 dari uang Geo maka berapakah masing-masing uang Al dan Geo?

Jawab:

90% x 40 = 36

Atau,

10 kantong = 40
9 kantong = …? = 36

Dan

5k + 7k = 36

12k = 36 ===> k = 3

Al = 5k = 5.3 = 15 ribu
Geo = 7k = 7.3 = 21 ribu (Selesai).

Dengan kantong ajaib Paman APIQ di atas, anak-anak dapat membayangkan proses berhitungnya. Kemudian anak kita dapat menciptakan rumus cepat yang diperlukan – dengan konsep di atas. Bayangkan betapa senangnya anak kita dapat menyelesaikan soal matematika dengan cepat plus memahami konsep terpenting.

Bagaimana menurut Anda?

Silahkan Baca Juga di Bawah ini

1 komentar:

Nurdie Sandy mengatakan...

mau tanya donk,, jika ada soal seperti ini diketahui suhu standar perpustakaan adalah 22 derajat celcius, dan suhu perpustakaan A adalah 30 derajat celcius, berapa persen suhu perpustakaan A mendekati standar???

Poskan Komentar

 
Suka Soal-soal? Follow @dikutip