KUMPULAN RUMUS SD SMP SMA DAN UMUM

KUMPULAN BERBAGAI MACAM RUMUS RUMUS TERBARU UPDATE SETIAP HARINYA, RUMUS SD/ MI, RUMUS SMP/MTSN, RUMUS SMA/MA, RUMUS SMK, RUMUS PERGURUAN TINGGI, RUMUS TEST CPNS 2015

RUMUS MATEMATIKA PERBANDINGAN

PERBANDINGAN
Jarak sebenarnya  = Jarak pada peta x Skala
Contoh :
1.    Diketahui jarak pada peta  2 cm. Berapa jarak sebenarnya bila skala  tersebut 1 : 500
Jawab :
Jarak sebenarnya : jarak pada peta x skala
Jarak sebenarnya : 2 cm x 500
     : 1000 cm
2.    Berapakah Perbandingan dari 35 : 25 : 5
  Jawab : 35     :  25     :  5    Di bagi angka yg
               7        :   5    :  1    terkecil


3.    Berapakah hasil perbandingan 4 : 2 : 1 dari  98 buah kelereng.
  Jawab :   x 98 = 4 x 14 = 56
      x 98 = 2 x 14 = 28
      x 98 = 1 x 14 = 14
4. berapa hasil perbandingan 3 : 6 dari 81
jawab :   x 81 =  3 x 9  = 27
              x 81 =  7 x 9  = 63
5. berapa umur budi dan ani jika perbandingan
    3  : 7 dan selisih umur mereka 12
jawab :   x 12 = 3 x 3 = 9
               x 12 = 7 x 3 = 21

Share :

Facebook Twitter Google+
14 Komentar untuk "RUMUS MATEMATIKA PERBANDINGAN"

dari mana dapat nya angka 14 pada no 3

sob,,nomor 4 gimana,,gwa masih gk ngerti

@deardiary. 4 : 2 : 1. Dijumlahkan. Jadi, = 7.
98/7 = 14.
@rionaztin. 3 : 6. Dijumlahkan. Jadi, = 9. 81/9 = 9.
3 x 9 = 27
6 x 9 (itu 6, bukan 7. Seharusnya.) = 54

yang nomor 3 itu 14 dapet dari mana ? tolong bisa jelasin kak admin

untuk soal no 5 . Dikalikan 3, 3-nya dari mana

sob no 5 dapet 3nya darimana


Please jawab

Mas.. no 5 dapet x3 tu darimana...???

Dalam perbandingan selisih artinya dikurang, jd 3:7 = 7-3 = 4
3/4 x 12 = 3/1 x 3 = 9
Angka 3 didapat dari 12 dibagi 4, hasilnya 3.
Begitu juga dengan perhitungan berikutnya.

Kalo misalnya soalnya misalnya:
Uang A:B=2:3
Uang B:C=4:5
Jumlah uang A adalah Rp 184.000,00,
Maka uang B berap
tolong kasih tau caranya

@ fajar jwb:
a:b=2:3;
b;c=4:5; dimna jml uang rp184.000
dit: a. jmlh uang b
b. jmlh uang c
jwb: a. 184000/2=92.000
so, b = 3 x 92.000 = rp276.000
b. 276.000/4= 69.000
so yang c = 5 x 69.000 = rp345.000

total a+b+c= 184.000+276000+345.000= itung ndiri XP

Sob gimana nih caranya bantuannya dong

Perbandingan 3:5:9. Jika pendapatan 5 Rp900.000 . Brp jmlah pendapatan ketiga org tsb ?

gampang sob @nita,

juml perbanding 3+5+9=17
pembanding 5 900.000, berarti 900.000:5 =180.000
pendapat ketiga= 17*180.000=306.0000

Perbandingan hasil panen ikan pak tono, pak budi, dan pak dodi adalah 5:3:4. Ikan tersebut dijual dgn harga Rp 6000/kg. Berapa selisih pendapatan pak tono dgn pak dodi jika jumlah ikan pak budi dan pak dodi 280 kg?
A. Rp 2.160.000
B. Rp 1.200.000
C. Rp 320.000
D. Rp 240.000
E. Rp 120.000
Siapa Ya̲̅п̥̥ĝ bisa bantu jawab ne? Dan skalian dgn jwban cra menghtungnya,thanks

Tentang Barisan dan Deret Bilangan

Sob ada yg tau gak mohon bantuan nya

No.1 selisih dari bilangan dibaris ke 8 dan baris ke 5 pada pola persegi adalah?
No.2 diberikan barisan bilangan berikut 2,5,10,17.... 1,9,7 banyaknya suku pada barisan bilangan tersebut !
No.3 rumus suku ke N dari barisan 6,8,10,12... adalah?

Tolong ya sob yg tau dijwb saya masih ngga ngerti

Back To Top