Rumus Terbaru Matematika untuk Menghitung Keliling Persegi

Rumus Matematika untuk Menghitung Keliling Persegi
Rumus matematika untuk menghitung keliling persegi- Pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas bagaimana cara menghitung luas dan keliling dari sebuah bangun ruang yang cukup populer yakni persegi atau sebuah kotak dengan menggunakan rumus matematika sederhana yang mungkin saja anda mengetahuinya, namun sebelum itu mari kita lihat dulu dan fahami sedikit mengenai apa itu segi empat, berikut penjelasannya

pengertian persegi empat
Definisi sudut empat merupakan sektor yg dibentuk oleh empat buah garis dalam satu sektor di mana keempat sudutnya yakni segi siku-siku. sudut empat tidak jarang dinamakan tengah bersama empat persegi panjang atau persegi panjang.

Panjang dan Lebar sisi Empat
suatu sudut empat terdiri permulaan empat sudut, yakni dua sudut panjang dan dua sudut lebar. sudut panjang satu buah sisi empat merupakan segi yg lebih panjang buat sisi empat terkandung. sudut lebar sebuah sudut empat yakni segi yg lebih pendek kepada satu buah sisi empat. kalau sudut panjang dan sudut lebar satu buah sudut empat memiliki takaran yg sama, maka sudut empat termuat dinamakan bujursangkar. Bujursangkar yakni sisi empat yg teristimewa dikarenakan keempat sisinya mempunyai takaran panjang yg sama.

memang terlihat sangat sederhana. Anehnya, meskipun terlihat sangat sederhana, banyak orang yang tidak bisa menggunakannya atau mungkin lebih tepatnya salah melakukan perhitungan saat menggunakan rumus tersebut.
Seperti yang telah kita ketahui bersama, meskipun rumus dasar untuk menghitung keliling persegi tergolong mudah, namun dalam prakteknya kita sering kali dihadapkan pada soal yang agak sedikit rumit. Dalam hal ini, dalam soal tersebut bisa saja yang diketahui bukan lah panjang sisi persegi tersebut, melainkan berupa luas persegi.

Nah, jika yang ditanya adalah keliling persegi dan yang diketahui adalah luasnya, maka mau tidak mau, pertama – tama kita harus mencari tahu panjang sisi persegi tersebut terlebih dahulu.

Secara umum, rumus matematika untuk menghitung keliling persegi adalah K = 4s dimana “s” adalah panjang sisi persegi. Sedangkan rumus luas sendiri adalah L = s2.

Dari rumus tersebut, maka kita dapat menghitung panjang sisi persegi dengan memanfaatkan luas yang diketahui, dimana panjang sisi adalah akar dari luas persegi tersebut.

Contohnya: jika diketahui luas sebuah persegi adalah 100 cm2, berapakah keliling persegi tersebut?

Jawab:

s = √100

s = 10

Keliling = 4 x s

= 4 x 10

Keliling = 40 cm

Nah, bagaimana? Rumus matematika untuk menghitung keliling persegi itu sangat sederhana bukan? semoga dengan rumus persegi diatas bisa memberikan anda informasi berharga dan referensi belajar.

Selamat belajar dan semoga cepat menangkap ya!

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==