Rumus Matematika untuk Menghitung Luas Balok

Rumus Matematika untuk Menghitung Luas Balok
Rumus matematika untuk menghitung luas balok pada dasarnya tergolong relatif cukup sederhana. Hanya saja, dalam kebanyakan kasus banyak orang yang mengalami kebuntuan hanya karena salah mengaplikasikan rumus. Di lain sisi, dalam beberapa kasus, soal dan pertanyaan yang harus dijawab terkadang juga bersifat menjebak. Soal jenis ini biasanya tidak dapat diselesaikan hanya dengan mengandalkan rumus saja, melainkan harus menggunakan akal dan nalar secara bersamaan.
jika anda seorang pelajar atau mahasiswa yang memang sedang mendalami rumus matematika maka salah satu materi yang cukup sering muncul di soal soal ujian matematika nasional adalah rumus persegi panjang atau rumus balok tentang cara mengetahui luas dan keliling balok tersebut. simak penjelasannya dibawah ini beserta contoh soal yang sudah kami siapkan.

Secara umum, untuk menghitung luas permukaan balok, kita dapat menggunakan rumus baku sebagai berikut:

L = 2 x (pxl + pxt + lxt)

Keterangan:

L = Luas permukaan balok

p = panjang balok

l = lebar balok

t = tinggi balok

Untuk bisa menggunakan rumus tersebut, ada tiga data yang perlu kita ketahui, yaitu data tentang panjang balok, data tentang lebar balok, dan data tentang tinggi balok. Jika ketiga data tersebut tidak kita ketahui, maka rumus tersebut tidak akan bisa kita gunakan.

Kalau pun bisa, pertama – tama kita harus mencari tahu tentang data yang kita butuhkan terlebih dahulu. Contohnya, jika diketahui sebuah balok memiliki volume sebesar 60 cm3, panjang 10 cm, dan lebar 3 cm, berapakah luas balok tersebut?

Nah, dalam kasus ini, pertama – tama kita harus menghitung tinggi balok terlebih dahulu. Caranya:

t = V/ (pxl)

t = 60 / (3×10)

t = 2 cm

Setelah tinggi balok berhasil kita ketahui, selanjutnya kita tinggal menggunakan rumus luas balok seperti biasa. Caranya:

L = 2 X (10×3+10×2+2×3)

L = 2 X (56)

L = 112 cm2

Itulah sedikit informasi mengenai rumus matematika untuk menghitung luas balok yang dapat kami bagikan kepada Anda.janganl lupa untuk terus pantengin website kami untuk update berita terbaru dari kami, share postingan ini ke media sosial favorit anda seperti facebook dan Twitter.

Semoga bermanfaat ya!
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==