RUMUS TERBARU MEMILIH SEPATU

Semua orang pasti paham sepatu berfungsi sebagai alas kaki sekaligus pelindung anggota tubuh paling bawah.

Cuma tujuan orang bersepatu tak sekadar itu tapi juga mengikuti tren. Sayangnya, demi mode, sering kali alas kaki yang dikenakan justru memicu cedera atau akibat lainnya karena mengabaikan bentuk kaki.

Itulah mengapa pemilihan sepatu tak boleh asal. Pasalnya, kaki sebagai penopang tubuh menuntut sepatu senyaman mungkin. Nah, sebelum memilih sepatu, langkah pertama yang mesti diketahui adalah mengenali bentuk kaki terlebih dahulu.

Berikut ini tips memilih sepatu berdasarkan bentuk kaki menurut dr. Michael Triangto, SpKO, seorang Direktur Medis di klinik Kid's Foot Plus RS Mitra Keluarga Kelapa Gading.

Biasanya ketika memilih sepatu, nomor satu yang jadi pertimbangan adalah modelnya tapi melupakan apakah sesuai dengan bentuk kaki. Ada tiga jenis umum kaki, yakni telapak kaki datar atau kaki bebek, telapak kaki dengan lengkungan, dan telapak kaki dengan lengkungan tinggi sekali sehingga kalau menapak kakinya terlihat kecil.

Gunakan sol tambahan
Tak perlu berkecil hati bila menemukan sepatu yang tak 100 persen cocok dengan kaki. Kalau ada kekurangan di plantar fascia (telapak kaki) dapat didukung dengan menggunakan sol tambahan. Jangan lupa pula, pilih sepatu sesuai kegiatan yang akan kita lakukan.

"Misalnya plantar fascia datar atau kaki bebek bisa didukung dengan sol tengah, lengkungan terlalu tinggi, atau telapak kaki miring juga harus ada support. Kalau dulu sepatu taylor made, sekarang kan banyak produsen-produsen sepatu yang support bentuk kaki seperti itu," papar Kepala Direktorat Kedokteran Olahraga PB PBSI.

Trik Deteksi Bentuk Kaki

Tak perlu alat khusus untuk mengetahui bentuk kaki. Ada cara mudah dengan membasahi kaki. Ketika kaki masih basah, jalan keluar, dan lihat telapak kaki di lantai.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==