Rumus Matematika untuk Bikin Pancake Enak!


http://images.detik.com/content/2013/02/12/297/pancake2.jpgSelama ini, pancake dikenal karena mudah dan praktis dibuat. Meski begitu, seorang ahli matematika di Inggris punya cara yang lebih rumit untuk membuat pancake lezat. Ada satu resep matematika yang harus diikuti untuk mendapatkan pancake super enak dan lembut!

Untuk membuat pancake, biasanya digunakan campuran tepung terigu, susu, mentega, dan telur. Adonan ini kemudian dibentuk bundar di atas wajan anti lengket. Namun menurut seorang peneliti dari University of Wolverhampton, tak semudah itu bikin pancake lezat.

Seperti diberitakan Daily Mail (11/02/2013), ada formula khusus untuk menghasilkan pancake dengan hasil sempurna. Resepnya adalah: 100 - [10L - 7F + C(k - C) + T(m - T)]/(S - E) yang menghasilkan pancake dengan skor 100.

L mewakili jumlah adonan, dan F adalah tingkat kesempurnaan saat membalik adonan. C adalah konsistensi adonan, dan k adalah konsistensi yang ideal. T adalah suhu dari wajannya dan m adalah suhu yang dianjurkan. S merupakan selisih waktu dari adonan dibuat hingga siap dimasak. Sedangkan E adalah jeda waktu antara pancake yang sudah matang akan dimakan.

Hasilnya, semakin dekat dengan angka 100, maka semakin sempurna juga pancake yang dibuat. Resep ini dipublikasikan oleh retailer Debenhams dalam rangka menyambut Shrove Tuesday yang juga disebut Pancake Tuesday dan Pancake Day, yang jatuh hari ini, Selasa (12/02/2013).
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==